Loading

Rabu, 25 Februari 2015

Sehat dengan Buah Lokal


sehat dengan buah lokal jambu biji, crystal guava, sunpride
Pantang lihat buah saat turun ke lapangan :)
Saya penyuka buah. Dari kecil hingga sekarang saya tetap suka buah. Buah-buahan adalah menu yang harus saya konsumsi tiap hari. Minimal dalam seminggu harus mengkonsumsi buah. Saya bukan penganut pola makan tertentu. Jadi buah-buahan saya konsumsi bisa sebelum makan, sesudah makan bahkan sebagai camilan maupun untuk sarapan.

Saat turun ke lapangan waktu bertugas, buah-buahan adalah yang saya cari untuk dikonsumsi. Anak saya pun sejak kecil juga saya biasakan untuk mengkonsumsi buah-buahan.
sehat dengan buah lokal jambu biji, guava crystal, sunpride
Selalu ngiler melihat buah-buahan

sehat dengan buah lokal jambu biji, crystal guava, sunpride
Anak saya sudah biasa makan buah dari bayi
Terbiasa mengkonsumsi buah-buahan sejak kecil, sehingga mengkonsumsi bagi saya adalah kebutuhan. Beruntungnya saya memiliki selera yang tidak neko-neko dalam memilih buah, tapi saya lebih cenderung memilih buah lokal.

Mengapa buah lokal ? 
1. Buah lokal mudah didapat dimana saja dan kapan saja.
Misalnya pisang. Buah ini bisa dikatakan ada sepanjang musim. Mendapatkannya bisa di warung sembako dekat rumah, pasar buah, swalayan dan di kebun sendiri. 
Begitu juga halnya dengan buah mangga, jambu biji, semangka, jeruk, nenas, nangka, kedondong, pepaya dan lainnya mudah di dapat. Sehingga kebutuhan akan buah mudah terpenuhi tanpa harus susah mencarinya.
2. Buah lokal harganya murah.
Buah lokal jauh lebih murah dibandingkan buah import. Bahkan buah lokal yang sudah masuk swalayan pun masih jauh lebih murah dibandingkan buah import. Hal ini tidak terlepas dengan buah lokal yang tidak memerlukan biaya kirim yang tinggi dari negara asal atau pengeskpor. Bahkan jika mau lebih murah lagi membeli buah lokal di pasar tradisional adalah pilihan yang tepat. 
3. Buah lokal aman dari zat pengawet.
Ini yang sangat penting karena seperti kita ketahui zat pengawet yang disuntikan dan dioleskan ke buah-buahan sangat berbahaya bagi kesehatan. Memang tampilan buah yang diberi zat pengawet tampak lebih segar, merekah dah tahan lama. Namun bahaya dibaliknya sangat merusak tubuh. 
4. Buah lokal lebih sehat. 
Hal ini terkait dengan buah lokal yang tidak direcoki dengan bahan pengawet, sehingga buah lokal jauh lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih untuk tubuh. Kepercayaan saya pada buah lokal yang dijual di pasar-pasar tradisional, karena sering melihat ada buah-buah yang mulai layu diantara buah yang masih segar. Hal in membuktikan tidak ada zat pengawet yang disuntikan atau dioleskan.
5. Buah lokal mempunya rasa yang khas dan bersahabat dengan lidah dan tidak membosankan.
Jika mengkonsumsi buah lokal bagi saya tidak ada rasa bosan. Bahkan satu biji nanas bisa habis saya konsumsi sendiri sebagai camilan saat menonton televisi.
6. Buah lokal bisa diolah atau dimakan dengan berbagai cara. 
Sejumlah buah lokal juga bisa lebih nikmat dimakan jika diolah menjadi rujak. Buah-buahan yang dipotong kecil sepeti nenas, pepaya, kedondong dan mangga kemudian dicocol dengan saus kacang gula merah, membuat ketagihan apalagi saat cuaca panas.
Kemudian buah lokal juga bisa diolah dengan gaya lebih modern seperti menjadi, jus, salad, selai dan sop buah. Selain itu juga bisa diolah menjadi keripik dan cake . Misalnya apel, nangka dan nanas juga enak saat sudah diolah menjadi keripik. Kemudian pisang bisa terasa nikmat saat diolah menjadi cake pisang atau digoreng dan ditaburi coklat serta keju.

sehat dengan buah lokal jambu biji, crystal guava, sunpride
Pisang salah satu buah kesukaan saya
Berbagai keunggulan seperti saya uraikan di atas membuat saya jatuh cinta pada buah lokal. Saya tidak malu ketika di swalayan lebih asyik memilih buah-buah lokal yang ditumpuk di rak biasa. Dibandingkan dengan buah import yang ditaruh di rak khusus dengan kemasan yang lebih menarik. 
sehat dengan buah lokal, jambu biji, guava crystal, sunpride
Tempat buah lokal di salah satu swalayan di kota saya :) 
Tapi, di sejumlah daerah khususnya kota-kota besar, buah lokal sudah naik daun dengan kemasan yang lebih menarik sejajar dengan buah import ketika dipajang di swalayan, supermarket bahkan toko buah.

Hal ini bisa dibuktikan dengan produk Sunpride seperti pisang, nanas, melon, jambu biji, pepaya dan jeruk dll dalam kemasan cantik dan segar berjejer rapi di rak swalayan dan supermarket di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan Bali.
sehat dengan buah lokal, jambu biji, guava crystal, sunpride
Rak buah produk Sunpride di sebuah supermarket. Pic by : FB Sunpride Indonesia
Salah satu produk Sunpride yang sangat diminati konsumen adalah Jambu biji atau Guava Crystal. Buah tropis ini berasal dari Brasil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Minat konsumen yang cukup tinggi pada Guava Crystal tidak terlepas dari berbagai keunggulannyadibandingkan buah lainnya, seperti :
1. Memiliki rasa renyah, manis namun rendah gula yang menyegarkan
2. Bisa menjadi bahan camilan atau kudapan
3. Mengandung 200 persen vitamin C dan antioksidan
4. Mengandung senyawa lycopene yang lebih tinggi dan buah serta sayuran lainnya, yakni 20 persen lebih tinggi dibandingkan lycopene yang dikandung tomat.
5. Kandungan lycopene pada Guava Crystal juga tidak hilang meski sudah diolah melalui proses masak atau sama baiknya jika dikonsumsi mentah.
6. Memiliki 60 persen kalium lebih banyak dari pisang
7. Memiliki banyak serat
8. Sumber vitamin A, folat, kalium, magnesium dan tembaga
 
sehat dengan buah lokal, jambu biji, guava crystal, sunpride
Jambu biji atau Guava Crystal produk Sunpride . Pic by : FB. Sunpride Indonesia
Dengan keunggulan Guava Crystal dibandingkan buah lainnya, sehingga mengkonsumsi buah tropis ini akan banyak manfaatnya diantaranya :
1. Melindungi sel-sel sehat dalam tubuh. 
2. Mengikat radikal bebas yang menjadi penyebab segala macam kerusakan jaringan dalam tubuh
3. Mengobati penyumbatan pembuluh darah, sistem saraf yang menjadi pemicu kanker. 
4. Menghambat beragam sel kanker dan memungkinkan juga untuk menghilangkannya
5. Menghambat pertumbuhan sel kanker payudara yang menjadi ancaman para wanita
6. Melindungi dari risiko jantung koroner
7. Melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke
8. Menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL
9. Menurunkan tekanan darah. 
10. Mengatasi sembelit
sehat dengan buah lokal jambu biji, guava crystal, sunpride
Selain buahnya, daun Guava Crystal juga bermanfaat lho. Pic by : Sunpride
Oh ya meski rasanya manis menyegarkan, Guava Crystal rendah gula jadi aman bagi penderita diabetes. Namun untuk penderita diabetes mengkonsumsi Guava Crystal harus mengupas kulitnya karena kulitnya dapat meningkatkan gula darah.

Dengan mengkonsumi Guava Crystal tanpa kulit dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Kandungan serat yang kaya di dalamnya dapat mengurangi sembelit yang sering muncul saat diabetes dan menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe dua

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat untuk penderita diabetes, tapi daunnya juga  dapat direndam di air panas dan dijadikan teh. Untuk Anda yang sehat, mengkonsumi daun Guava Crystal juga bagus untuk menghindari dari diabetes.

Guava Crystal juga bermanfaat untuk kecantikan. Pic by : Sunpride
 
Khasiat lain Guava Crystal adalah bisa menangkal bau mulut. Caranya selain dengan  mengkonsumsi langsung juga dengan berkumur dengan air hangat hasil rendaman Guava Crystal.

Tidak hanya memberikan manfaat saat dikonsumsi, ternyata Guava Crystal juga bisa memberikan manfaat untuk kecantikan saat diolah menjadi scrub, krim wajah dan masker. Berikut manfaat masker Guava Crystal:
1.  Menghilangkan jerawat
2. Mencerahkan kulit dan menutupi pori-pori
3. Menghaluskan kulit, lembut dan tanpa noda
4. Mengencangkan kulit dan menghilangkan komedo

Cara membuat krim dan masker dari Guava Crystal sangat mudah. Cukup dengan memblender buah dicampur daunnya serta ditambah madu, susu dan wortel. Dioleskan ke wajah dan badan yang sudah dibersihkan, kemudian didiamkan beberapa saat dan dicuci bersih.

Cukup banyak ternyata manfaat dari satu buah lokal. Bayangkan jika kita setiap hari mengkonsumsi aneka buah lokal yang memiliki manfaat masing-masing, tentu berlimpah manfaat yang didapat. Bagaimana dengan Anda ? Ayo rutin konsumsi buah dan sehat dengan buah lokal. Mari Cintai Buah Lokal !
*********************************************************************************
Tulisan ini diikutsertakan dalam SUNPRIDE: Fruit for Love Blogging Competition
Sejumlah bahan tulisan dan foto didalam tulisan ini diambil dari web dan FB Sunpride serta dokumentasi pribadi 












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung