Loading

Selasa, 20 Mei 2014

Mengenal Bangsa dan Memperkokoh Persatuan Melalui Museum

Museum Nasional Indonesia.Foto dari sini
Apa jadinya jika di dunia ini tidak ada museum ? Tidak bisa dibayangkan jika di dunia ini tidak ada museum karena yang pasti manusia kesulitan untuk mengetahui berbagai sejarah baik tentang manusia itu sendiri dan segala yang berhubungan dengan kehidupan, baik perjalanan kehidupan dan peradaban suatu bangsa.

Beruntunglah dengan adanya museum karena kita bisa melihat sejarah dan peradaban masa lalu melalui berbagai koleksinya, baik itu koleksi prasejarah, etnographi, arkeologi dan keramik.

Sejarah adanya museum di dunia berdasarkan sumber dari wikipedia secara etimologis, museum berasal dari kata Yunani, Μουσεῖον atau mouseion, yang sebenarnya merujuk kepada nama kuil untuk sembilan Dewi Muses, anak-anak Dewa Zeus yang melambangkan ilmu dan kesenian.Bangunan lain yang diketahui berhubungan dengan sejarah museum adalah bagian kompleks perpustakaan yang dibangun khusus untuk seni dan sains, terutama filsafat dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM.

Museum berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik mengenai catatan sejarah kebudayaan. Sehingga museum tidak lagi hanya sebagai tempat untuk menyimpan koleksi milik individu, keluarga atau institusi kaya. Benda-benda yang disimpan biasanya merupakan karya seni dan benda-benda yang langka, atau kumpulan benda alam dan artefak arkeologi. 

Di Indonesia, museum yang pertama kali dibangun adalah Museum Radya Pustaka. Namun museum dengan koleksi terlengkap adalah Museum Nasional Indonesia atau dikenal juga dengan nama Museum Gajah. 

Museum Nasional saat ini bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mempunyai visi dan misi Terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan nasional, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antar bangsa.

Dari visi dan misi tersebut jelas sangat tergambar suatu harapan untuk bangsa ini, khususnya bagi pengunjung yang selesai berkunjung bisa mendapatkan berbagai informasi tentang sejarah Indonesia khususnya, peradaban dan perjalanan sejarah yang telah dilalui bangsa ini.

Berbagai bukti-bukti dari barang-barang yang tersimpan di Museum Nasional diharapkan bisa membuat pengunjung makin mencintai bangsa dan negara ini. Karena begitu panjang sejarah yang telah dilalui sehingga bisa menjadi negara besar yang maju serta berkembang seperti sekarang.

Berbagai koleksi di Museum Nasional tidak bisa dipungkiri oleh siapapun sebagai sebahagian sejarah panjang bangsa ini, baik perjalanan dan peradabannya. Sebuah perjalanan yang mestinya harus dihargai dengan cara menjaga keutuhan bangsa dan makin memperkokoh persatuan di negeri ini.

Khususnya bagi generasi muda saat ini yang harus dan wajib ditanamkan semangat untuk mengenal sejarah bangsa Indonesia ini, sehingga menumbuhkan semangat cinta tanah dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Melalui program wajib berkunjung ke museum bagi pelajar adalah langkah yang tepat yang dilakukan pihak museum. Karena mereka tidak hanya sebatas mendapatkan pengetahuan tentang sejarah bangsa ini melalui teori dan bacaan, namun bisa menyaksikan langsung bukti-bukti tersebut melalui berbagai koleksi di museum.

Berbagai koleksi yang ditemukan di berbagai daerah dengan beraneka ragam bentuk diharapkan bisa menggugah kesadaran generasi muda jika Indonesia adalah warna-warni keanekaragaman kebudayaan yang indah.

Hal tersebut tentu akan menumbuhkan rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia dan bangsa ini khususnya, sehingga rasa memiliki yang kuat dan mempertahankannya akan tertanam dalam jiwa mereka.

Mengenalkan museum melalui berbagai bacaan, foto dan video kepada generasi muda juga adalah langkah yang tepat. Begitu juga dengan berbagai program menarik lainnya seperti melalui lomba menulis dan menggambar tentang museum. Karena hal itu akan memotivasi generasi muda untuk mengetahui lebih jauh tentang museum tersebut.

Yuk mari berwisata ke museum sebagai salah satu cara mengenal bangsa, mencintai kebudayaan dan mempererat persatuan serta kesatuan demi keutuhan negara Indonesia. 



Referensi :
www.museumnasional.or.id
www.id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung