Loading

Rabu, 23 April 2014

Sehari Tanpa Internet Bagai Bumi Tanpa Udara


Internet bagi saya pribadi adalah kebutuhan primer dan sangat penting. Karena kebutuhan primer, internet itu adalah kebutuhan pokok yang harus ada tiap hari, selain sandang, pangan dan papan. Kalau bisa mengusulkan kepada pemerintah saya akan mengusulkan internet wajib dimasukan ke dalam golongan kebutuhan primer bukan ke dalam kebutuhan sekunder. 
Saking pentingnya tiap hari harus mengakses internet, saya mengibaratkan Sehari Tanpa Internet bagaikan bumi tanpa udara. Bayangkan saja jika udara di bumi ini hilang satu hari saja semua manusia bahkan hewan dan tumbuhan bakal mati. Nah, begitu juga jika sehari saja tidak ada akses internet di muka bumi, bakal banyak terjadi masalah, gangguan, eror dan sebagainya yang bersifat memberi ketidaknyamanan serta endingnya mati kutu !

Saya dan Manfaat Internet

Ya, saya sendiri bakal merasakan mati kutu bahkan "mati suri" tanpa akses internet di kehidupan meski cuma sehari saja. Karena sejak menjadi pengguna internet pada tahun 2001 hingga sekarang, banyak manfaat dan kebaikan dari internet yang saya rasakan. 

Saya menggunakan internet dari saya masih menuntut ilmu di sebuah lembaga pendidikan, bekerja hingga sekarang menjadi ibu rumah tangga dengan satu anak. Waktu itu tahun 2001 untuk mengakses internet masih sangat susah. Tapi sebagai seorang yang menyukai hal-hal baru dan ingin terus belajar, saya tetap berusaha mengakses internet meski itu harus antri di warnet yang waktu itu jumlahnya masih bisa dihitung jari dan bayarannya pun masih mahal per jamnya.

Saat itu saya menggunakan internet untuk chatting apalagi waktu itu sedang booming ajang berkenalan di dunia maya dengan fasilitas chat. Senang rasanya bisa kenal teman-teman baru dari berbagai daerah, bertukar informasi dan berbagi pengalaman. 

Kemudian saya menggunakan internet untuk membaca berita terbaru, mencari informasi terbaru dan informasi yang saya tidak mengerti dan paham. Saya merasakan dunia yang sangat luas dan banyak informasi yang saya peroleh dengan hanya mengetik sebuah kata atau kalimat, berbagai informasi yang terkait kata atau kalimat itu akan bermunculan. Sebuah jendela dunia yang luas dan informasi telah membuat saya jatuh cinta dengan internet.

Internet juga saya gunakan untuk mengirim email kepada teman dan sahabat. Kalau biasanya mengirim surat harus memakan waktu 3-6 hari, dengan internet hanya butuh waktu semenit. Bahkan balasannya pun diterima sangat cepat.

Saat saya bekerja di bidang jurnalistik, kebutuhan akan internet semakin besar. Apalagi untuk mengirimkan laporan ke kantor redaksi pusat setiap hari, harus menggunakan akses internet untuk mengirimkan email. Pernah jaringan internet di kantor ada gangguan, membuat seisi kantor kalang kabut mencari warnet terdekat untuk tetap bisa mengirimkan laporan ke kantor pusat.

indonesia genggam internet
Jaringan internet lelet saja bikin suntuk, apalagi tidak ada koneksi internet sehari
Waktu itu jaringan internet memang masih diperoleh melalui modem manual. Sehingga akses internet masih terbatas. Berbeda dengan beberapa tahun belakangan akses internet sudah bisa mobile di mana saja melalui handphone dan berbagai perangkat gadget yang lebih canggih, seperti  smartphone, tablet, iphone berkat layanan internet dari berbagai jasa provider, termasuk salah satunya Telkomsel yang memberikan berbagai kemudahan.

Ketika saya menikah, menjadi seorang istri dan kini menjadi seorang ibu rumah tangga dengan satu anak, kebutuhan akan internet setiap harinya tetap penting. Fokus di rumah mengurus anak bukan berarti membuat dunia saya hanya sebesar daun kelor. 

Saya memang tidak keluar rumah lagi setiap hari, jarang berkumpul dengan teman-teman dan aktifitas di luar lainnya. Tapi, dunia saya tetap sangat luas karena saya tetap bisa berinteraksi dengan teman-teman melalui berbagai sosial media, tetap bisa menulis di blog, tetap bisa berkarya melalui berbagai lomba menulis, bisa menikmati berbagai makanan lezat dengan membuat sendiri berdasarkan resep hasil contekan dari internet. 

Kemudian saya tetap bisa belanja melalui toko online dan mendapatkan harga yang lebih murah.Tetap bisa menonton berbagai video menarik, mendonwload dan dengarkan musik, membaca berita terbaru, mencari informasi, diskusi  dll. Bahkan sesekali masih menerima job menulis dari teman dan tetap bisa bekerja dari rumah berkat akses internet yang memudahkan saya menerima dan mengirimkan tulisan. Bisa mencari penghasilan tambahan dengan ikut berjualan online. Manfaat penting lainnya adalah bisa hemat waktu dan tenaga dengan akses internet banking untuk bertransaksi tanpa harus ke bank.

Jika Sehari Tanpa Internet

Begitu banyaknya manfaat dan kebaikan dari internet yang saya rasakan sejak 13 tahun lalu, wajar jika saya akan merasa mati kutu jika Sehari Tanpa Internet, apalagi saat ini kondisi saya seorang ibu rumah tangga yang waktunya bisa dikatakan 24 jam di rumah. Belum lagi berbagai dampak yang besar kepada negara khususnya jika sehari tidak ada koneksi internet.

Mungkin ini yang akan terjadi jika kehilangan koneksi internet sehari :
  1. Banyak pebisnis yang akan rugi seperti pedagang online akan kehilangan omset puluhan juta karena tidak bisa berjualan dan tidak ada yang membeli meski satu hari saja
  2. Aktifitas di perbankan bisa lumpuh karena koneksi internet yang sangat penting dalam melakukan berbagai layanan kepada nasabah tidak ada.
  3. Aktifitas ekonomi akan terganggu karena lambatnya proses manual berbagai transaksi yang biasa dilakukan online
  4. Aktifitas di berbagai perusahaan dan perkantoran baik pemerintah dan swasta juga terganggu bahkan lumpuh karena tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya
  5. Jalur penerbangan akan kacau bahkan terhenti dan membuat calon penumpang marah sehingga membuat suasana tidak kondusif.
  6. Keamanan negara bisa terganggu karena tidak bisa memonitor berbagai indikasi gangguan bahkan penyerangan dari kelompok teroris bahkan negara lain
  7. .Masyarakat akan merasakan kemunduran karena tidak bisa mendapatkan informasi terbaru melalui berbagai situs berita.
  8. Banyak pengguna internet yang akan uring-uringan, bosan dan jenuh karena tidak bisa melakukan aktifitas menyenangkan berkat internet.
  9. Sementara bagi saya pribadi hanya melongo dan bengong ketika buka laptop untuk menulis dan update tulisan di blog ternyata koneksi internet mati. Saya tidak bisa blog walking membaca tulisan teman-teman lainnya.
  10. Handphone saya hanya akan menjadi pajangan, karena biasanya sambil momong anak saya akses berbagai sosial media melalui handphone.
  11. Karena tidak bisa berkomunikasi dengan teman-teman di berbagai sosial media, membuat saya jenuh, bosan, suntuk dan merasakan waktu berjalan sangat lambat.
  12. Saya harus mengeluarkan uang lebih karena ketika ingin makan sesuatu yang bisa saya buat sendiri, tapi tidak bisa mencari resepnya di internet karena koneksi internet mati sehingga saya harus beli.
  13. Bakal ketinggalan informasi terkini dan merasa menjadi orang paling kuper sedunia.
  14. Serta masih banyak ketidaknyamanan lainnya yang membuat hidup terasa monoton dan membosankan. Karena gangguan internet selama 1-2 jam saja telah bisa membuat saya uring-uringan apalagi satu hari tanpa koneksi internet.
Pentingnya Mengajarkan Internet 

Merasakan banyak manfaat dan kebaikan internet dalam kehidupan saya, sehingga sejak mengenal internet hingga sekarang saya berusaha mengenalkan dan mengajarkan internet kepada orang-orang di sekitar saya khususnya. Karena bagi saya membagi ilmu dan mengajarkan internet kepada orang lain, selain menyenangkan juga akan menularkan kebaikan yang akan terus bergulir dan memberikan berbagai kemudahan dalam berbagai kehidupan manusia. 
indonesia genggam internet
Ngumpul dengan komunitas blogger di cafe yang ada hotspot gratis, sambil mengajak yang bunet untuk bisa melek internet
Berikut contoh mengajarkan internet yang pernah saya lakukan :
  1. Saya pernah mengajarkan internet kepada teman sekantor yang masih buta internet. Biasanya untuk mengirimkan file laporan ke kantor pusat harus kolektif melalui satu orang. Namun dengan mereka bisa akses internet sendiri, ketergantungan itu tidak ada lagi.
  2. Saya pernah mengajarkan internet kepada teman untuk bisa chat. Menemukan teman baru dan teman lama serta keluarganya yang selama ini jarang berkomunikasi. 
  3. Saya mengajarkan internet ke relasi yang ternyata masih banyak buta internet. Padahal pekerjaan dan jabatan mereka bagus serta gadget mereka canggih dan mahal. 
  4. Saya mengajarkan teman untuk mencari berbagai informasi dengan cukup menuliskan satu kata atau kalimat di internet.
  5. Saya pernah mengajarkan internet kepada sepupu dan keponakan untuk bisa mencari berbagai tugas sekolah di internet, menggunakan berbagai sosial media dan fitur positif lainnya. 
  6. Saya pernah membuat komunitas blogger lokal dengan teman-teman dan kemudian membagi ilmu dengan para pelajar tentang internet dan membuat blog serta menulis. 
  7. Saya pernah mengajarkan teman yang punya usaha untuk mempromosikan dan menjual produknya di internet.
  8. Saya mengajarkan internet ke suami dan ia sekarang suka membaca dan mendengarkan ceramah agama dari internet.
  9. Saya mengajarkan internet kepada tetangga khususnya kaum ibu yang masih buta internet untuk bisa mengakses internet dari handphone, seperti untuk menggunakan fitur sosial media dan browsing aneka resep makanan bahkan belanja online serta berbagai tips yang berguna dalam rumah tangga.
  10. Saya mengajarkan internet kepada orang-orang yang menurut saya membutuhkan dan minta diajarkan.
Ruziana, blogger tanjungpinang yang giat menulis dan mengajak wanita tanjungpinang untuk menulis
Mengajarkan Internet pada Pelajar melalui komunitas blogger
Mereka yang selama ini buta internet dan akhirnya bisa akses internet tidak ada yang mengatakan menyesal bisa mengenal interne. Kecuali mereka malah menyesal mengapa terlambat untuk mengetahui dan belajar internet.Mereka pun membagikan dan mengajarkan internet kepada orang-orang di sekitar mereka yang masih buta internet.

Mengajarkan internet ke satu orang dan ke orang lainnya terus bergulir, berkesinambungan, berlanjut akan membuat banyak orang yang melek internet. Akan banyak orang yang akan lebih cerdas, kritis dan inovatif serta bisa meningkatkan derajat kehidupan, memudahkan berbagai aktifitas mereka dan tentu akan lebih bahagia, karena dunia mereka sekarang bukan lagi selebar daun kelor tapi sangat luas.

Ayo Genggam Internet !



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung