Loading

Jumat, 04 April 2014

Bikin Sarapan, Sehat dan Bergizi dalam 5 Menit

Bahan-bahan sarapan murah, sehat dan bergizi

Ingin sarapan praktis tapi tetap sehat bergizi di pagi yang sibuk ? Bikinnya juga gampang, lima menit saja ah ah ah... #korban lagu dangdut hihihi. Ya memang lima menit saja kok dan sarapan praktis dan bergizi  siap dihidangkan untuk keluarga tercinta. 

Bahannya gampang, murah dan mudah di dapat. Yang penting harus distok di rumah dulu, jangan sampai udah mau bikin sarapan harus nyari bahannya, bisa habis waktu 1 jam donk :D 

Bahannya :
1. Roti tawar atau roti gandum 1 bungkus. Biasanya selalu ada stock di rumah dan semua pasti tahu penampakan roti ini. Harganya kalau di tempat saya Rp 7 ribu - 9 ribu (tergantung merek)
2. Sarden ukuran kecil. Harga di tempat saya Rp 2500- 3000 (tergantung merek)
3. Mayonaisse, bisa ukuran sachet atau botol. Ini banyak di swalayan. Harga sachet Rp 2000- 3000, harga botol 23 ribu -25 ribu (tergantung merek)
4.Keju sachet, harga 12 ribu -16ribu (tergantung merek)
6.Tomat 1 buah, biasa selalu ada di kulkas
7.Bawang bombay 1 siung, biasa juga selalu ada di keranjang sayur :) 

Semua bahan di atas tidak langsung habis dipakai saat membuat resep ini, seperti roti tawar bisa untuk 2-3 kali bikin. Begitu juga mayonaisse dan keju cuma dipakai sedikit dan masih bisa disimpan. Jadi jangan bilang ketika ditotalin harga semua bahannya mencapai puluhan ribu itu mahal, karena masih bisa disimpan di kulkas untuk keperluan lainnya. 

Cara bikinnya dalam 5 menit saja ah # jangan pake goyang dangdut ya :D 
1. Buka sarden, ambil ikannya aja. Saosnya jangan dibuang, tapi disimpan diwadah yang rapat dan ditaruh di kulkas. Nanti kalau bikin ikan sambal bisa dimasukin itu saosnya,jadi tambah lezatos. Ups..ok kok menyimpang gini hehe.Ikan sarden digoreng dengan sedikit minyak sambil diaduk-aduk hingga lumat. Udah wangi angkat. 
2. Cincang tomat
3.Cincang bawang bombay
4.Dua lembar keju sachet dicincang
5.Masukan sarden, tomat, bawang bombay dan keju yang usdah dicincang ke mangkok. Tambahkan 5-4 sendok mayonaise atau sesuai selera. Aduk rata dan jadilah...tiiiiing..saos sandwich....*jadi mau bikin sandwich sarden toh...bilang kek dari tadi.....pembaca ngedumel hihihi
6.Bakar roti tawar tanpa mentega di atas teflon atau wajan hingga coklat, jangan gosong ya :) 
7.Taruh atau oleskan saos sandwich di atas selembar roti tawar, tutup dengan selembar roti tawar lagi. Potong dua.Begitu seterusnya.....dan siap disantap oleh keluarga tercinta
Penampakan saos sandwich sarden
Penampakan sandwich isi sarden :) Kalau mau  lebih fres penampakannyabisa ditambah daun selada dan tomat iris
Oh ya sisa saosnya bisa disimpan di kulkas dan nti kalau bikin sarapan lagi tinggal bakar roti tawar n dioles lagi. 

Jika mau lebih fresh penampakannya, bisa ditambah daun selada dan tomat.Jadi setelah dioles dengan saos, lapisi dengan daun selada dan tomat kasi mayonaisse dan tutup dengan roti tawar lagi, setelah itu baru potong.

Dijamin deh, rasanya yang enak dan gurih itu bikin ketagihan. Karena tidak bikin cepat bosan, berbeda dengan makan roti tawar diolesi selai aneka buah atau coklat plus meses yang suka bikin eneg. 

Btw kandungan gizi dan manfaat dari semua bahan di atas apa saja ? 
1.Roti tawar atau roti gandum memiliki serat yang tinggi lho, vitamin dan mineral serta yodium dan asam folat. Sumber protein dan karbohidrat yang baik juga, jadi bisa mengganjal perut sampai siang. 

2.Tomat. Mempunyai kandungan Vitamin A, B, B2,C, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor. Tomat ini mengandung karoten lho yang berfungsi sebagai pembentuk provitamin A dan Lycoppen yang mampu mencegah kanker.


3. Bawang bombay bisa dikatakan bebas lemak, bebas gula tapi mengandung air. Kegunaannya Untuk menjaga imunitas tubuh, memperkuat struktur gigi dan mencukupi kebutuhan vitamin C

4. Sarden ini bagus lho bagi kita yang lagi diet. Sarden juga mengandung Vitamin 12, Tryptophan, Selenium, Vitamin D, Omega-3, Protein, Fosfor, Kalsium, Vitamin B3 dan kandungan kalorinya sangat rendah.

Karena kaya kaya protein dan omega-3 jadi sarden yang sangat mendukung pembentukan otot. Memberikan asupan makanan yang cukup pada otot, sehingga kalsium di dalam tulang tidak tersedot.

5. Mayonaisse.
Mayonnaise terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan yang ramah bagi kesehatan. Meski mayonnaise  mengandung lemak, namun lemak yang terkandung di dalam mayonnaise adalah lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, bagi yang masih suka bingung untuk membuat sarapan yang praktis, sehat dan bergizi, resep ini bisa anda coba.



note: sejumlah data diambil dari berbagai sumber







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung