Loading

Selasa, 18 Februari 2014

Es Krim Buatan Rumah, Sehat dan Murah

Kemarin itu posting foto pisang ambon yang baru dipanen di FB. trus teman koment kalau itu pisang juga bisa dibikin es kirim. Jadilah saya minta resepnya, karena Fitry, 2,5 tahun sangat suka es krim. Tralala...mumpung penyakit malas lagi cuti digantikan semangat 45, saya pun mempraktekan resepnya.

Hmmm..ternyata itu resep simpel dan pembuatannya mudah ya. Hadeeh, kenapa tidak dari dulu saya mendapatkan resep ini. Jadi tak perlu buang-buang uang nyaris tiap hari beli es kirm Fitry yang harganya belasan ribuan hiks.... (emak pelit mode on :D )

Penasaran kan dengan resepnya..ini resep dari blog temannya teman saya yang katanya anggota klub masak..jadi dia pun nyontek dan bagi-bagi dengan saya.Tidak masalah kan berbagi ilmu...pahala lho hehe..

Bahan: 
- 4 buah pisang, kupas dan iris seperti koin, bekukan hingga keras
- 3 sendok makan coklat bubuk
- 3 sendok makan susu bubuk (bisa diganti dengan susu kental manis atau krim kental)
- 2 sendok makan choco chips (optional)
- 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)

Cara Mmebuat:
1. Siapkan pisang, pilih yang matang maksimal tetapi tidak lembek. Usahakan gunakan pisang yang benar-benar manis rasanya. Kupas kulitnya dan potong-potong melintang seperti koin. Masukkan pisang dalam wadah (tupperware atau kantung plastik), bekukan pisang di dalam freezer hingga benar-benar beku. 

2. Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan susu bubuk, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus. 

Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan. 

Masukkan choco chips, aduk-aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.


serunya waktu proses pembuatan ya saat menghaluskan pisang yang sudah beku...harus dengan niat yang benar-benar ingin mencoba resep ini deh. Kalau setengah-setengah bisa-bisa itu pisang bisa berakhir di tong sampah hehehe..

Soalnya memang keras dan harus ditekan dengan tenaga maksimal. Kalau perlu ada yang membantu megangin mangkoknya dan kita menekan dengan pengocok mixernya. Kalau memang cuma sendiri seperti saya kemarin, saya harus menyandarkan itu mangkok ke dinding meja masak sehingga mangkoknya tidak bergeser. 

Ingat ya...kalau mixer kita punya fasilitas tombol turbo...pake itu saja.Karena memang harus kuat sehingga pisang bekunya bisa halus dan lembut. 

Tapi, semua kerja keras menghaluskan pisang itu berbuah kegembiraan ketika mencoba rasanya. Karena belum dibekukan saja itu es krimnya udah enak. Oh ya..kemarin saya menambahkannya susu krim coklat jadi rasa coklat lebih terasa, karena fitry suka coklat.

Pagi ini es krimnya sudah beku maksimal dan siap disantap Fitry dan saya tentunya hehehe..bagi yang mau nyoba silahkan ya...dijamin ketagihan deh..karena selain sehat juga muraaaaah....hemat lho mak daripada beli es krim yang harganya belasan ribu cuma sekali makan..hehe


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung