Loading

Selasa, 11 Februari 2014

Cake Tape

cake tape contekan dari mak ratna amalia :)


Dari kemarin itu penasaran ingin bikin cake tape yang diposting oleh emak Ratna Amalia di web emak blogger. Tapi karena belum ada waktu, tepatnya masih malas hehe...baru malam ini kesampaian,. Tapi, benar-benar penuh perjuangan deh bikinnya..lebay....tapi benar kok. Dimulai dari nyari gula halus di toko di sekitaran rumah yang ternyata tidak ada jual gula halus...hiks..kesal deh.Masa 1 mini market, 2 toko dan 1 warung tak ada jual itu gula halus..wow..


Mau beli ke swalayan malas, karena bawa Fitry dan saya juga dalam keadaan berpakaian untuk di dapur alias daster. Jadi karena malas nyari gula halus ke swalayan, akhirnya diputuskan pake gula biasa tapi yang agak halus gitu.

Sampai di rumah mulai mempersiapkan bahan-bahannya dan Fitry pun ikut-ikutan sok sibuk dan gula pasir pun terjatuh ke lantai dan berserak...Oke..oke..tetap jaga emosi, karena kalau cemberut dan kesal nanti kuenya tidak bagus..
bahan-bahannya, tapi kejunya kok ga terfoto ya ? :) 

Persiapan mengeluarkan bahan-bahannya baru selesai, eh tiba-tiba jepreeet listrik pun padam....oooh nooo...mood langsung hilang. Akhirnya saya memutuskan untuk menidurkan Fitry. Tapi, alhamdulillah listrik nyala setengah jam kemudian. Lirik jam masih jam sembilan kurang, akhirnya saya memutuskan untuk terus melanjutkan bikin cakenya. Untung si ayah mau nemenin Fitry nonton dvd upin ipin di kamar, jadi biasa leluasa di dapur.

Kembali ada batu sandungannya, ternyata timbangan dapur saya jarumnya patah.Hadeeh...terpaksa nimbang bahannya dikira-kira arah jarumnya udah pas gitu aja. Kemudian ternyata kejunya kurang tidak sesuai takaran yang diminta.Harusnya 100 gram ternyata keju saya cuma ada 85 gram...tapi tak apa-apa...lanjut saja. 

Belum cukup itu saja, tapenya ternyata kurang bagus alias ada yang keras, untung tadi dibeli dua bungkus. Akhirnya tahap-demi tahap proses pembuatannya pun selesai dan cake siap dioven dan 45 menit kemudian....tiiing...oven pun berbunyi dan kuenya matang sempurna dan kembang merekah plus aroma khas tape bercampur keju memenuhi ruangan...lebay deh saya.
adonan mau dioven :)

Tak sabar untuk mencicipinya dan hmmmm..maknyus. Resep dari emak ratna memang top markotop deh.Makasih ya mak sudah mau berbagi.  

Bikin cake itu ternyata tidak terlalu sulit ya, yang penting ikuti sesuai resep dan tahapannya. Selain itu hemat karena kalau beli cake ukuran loyang 22 cm itu Rp 60 ribu. Kalau bikin sendiri modalnya paling banyak 30 ribuan...

Btw..ada yang mau ? 

oh ya ini resep contekannya


Bahan
300 gr tapai singkong, buang seratnya
6 kuning telur ayam
4 putih telur ayam
200 gr gula pasir halus
½ sendok teh vanili bubuk
150 gr mentega, lelehkan
100 gr keju cheddar, parut
Ayak jadi satu :
  • 175 gr tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 25 gr susu bubuk

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bundar berlubang tengah, diameter 20cm.  Olesi mentega, taburi tepung terigu.  Haluskan tapai singkong dengan menggunakan garpu, sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula pasir sampai naik dan mengembang.  Masukkan vanili bubuk dan tapai yang sudah dihaluskan, sedikit demi sedikit sambil terus kocok sampai rata.
  3. Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil aduk-aduk hingga rata.
  4. Tuangkan mentega leleh, aduk rata.  Tambahkan 75 gr keju cheddar, aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.  Taburi dengan sisa keju.  Panggang dalam oven panas bersuhu 160 C selama 45 menit hingga kue matang.  Angkat, biarkan dingin.  Keluarkan kue dari loyang, potong-potong.  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung