Loading

Kamis, 06 Februari 2014

Bersahabat Dengan Gas LPG

cara aman menggunakan gas elpiji
Candid Shot :D Yang Mau Masang Gas Tak Tahu Kena Jepret :D 

Kemarin lagi asyik masak rendang hati lembu eh itu gas habis. Sempat deg-degan kalau agen langganan tutup karena hari minggu, ternyata buka. Alhamdulillah tak lama setelah ditelepon gasnya datang, jadi si rendang bisa cepat masak.

Btw..bicara tentang gas LPG (elpiji) ternyata masih banyak yang takut menggunakan, takut bocor dan terjadi kebakaran dan takut harganya hehehe....Apalagi sekarang harganya yang makin melambung tinggi. Untuk isi ulang 12 kg saja di kota saya Tanjungpinang, Kepri Rp 135 ribu. Ada di agen lain Rp 140 ribu tapi juga ada yang murah Rp 130 ribu.
Ibu saya di kampung sampai sekarang tidak berani mengunakan gas elpiji, ia rela memasak dengan kompor minyak tanah. " Aku takut ...banyak berita di televisi tentang kebakaran akibat tabung gas meledak," alasannya ketika saya tawarkan untuk membelikan kompor gas.

Saya kira resiko musibah dimana-mana tetap saja ada, pakai kompor minyak tanah juga bisa menyebabkan kebakaran kalau kita tidak hati-hati dan tidak tahu penggunaaan dan perawatan yang tepat. Begitu juga dengan penggunaan kompor gas elpiji.

Menulis tentang gas elpiji ini jadi ingat Almh Kak IIn, tetangga sebelah rumah yang sudah saya anggap kakak meninggal karena tersambar gas elpiji dua tahun lalu. Waktu itu almamrhumah yang punya usaha katering kehabisan gas dan memesannya. 

Saat petugasnya memasangkan gas, ternyata ada bara api di kompor gas modifikasi yang masih menyala meski kecil dan musibah itu pun terjadi. Terjadilah kebakaran dan api menyambar tubuhnya.  Untung tidak terjadi kebakaran besar karena api bisa dipadamkan tetangga, tapi almarhumah kak iin tidak bisa diselamatkan setelah dirawat dua minggu di rumah sakit.

Ternyata waktu hendak dipasang ada penyumbatan di kompor, tapi si pemasang malah mencolok tabung gasnya dengan kayu sehingga gasnya keluar dan menyambar api kecil di kompor. Si petugas malah tak ikut terbakar karena cepat menyelamatkan diri, tapi almarhumah yang semula sudah menyelamatkan diri lari keluar dapur, kembali masuk untuk mengangkat tabung gas lain karena ia takut meledak. Saat itulah almarhum tersambar api.

Berkaca dari pengalaman tersebut, ada beberapa tips dari pengalaman saya tentang cara aman dan benar menggunakan kompor gas LPG .Tapi kalau mau lebih lengkap bisa baca disini juga :)
  1. Pastikan menggunakan kompor dan tabung elpiji yang sesuai standar indonesia. Waspada juga terhadap orang-orang dari rumah ke rumah yang menawarkan regulator tabung elpiji. Kadang regulator kita yang asli berstandar SNI malah harus berganti yang tidak jelas standarnya, karena teriming-imingi dan ditakuti-takuti mereka dengan berbagai modus. (Pengalaman tetangga saya )
  2. Pastikan membeli isi ulang gas elpiji di agen resmi dan isi ulangnya murni elpiji bukan oplosan. Hal ini bisa dilihat dari segel yang mempunyai tanda khusus.
3.Matikan listrik di sekitar dapur khususnya di dekat kompor gas, karena listrik juga bisa memicu kebakaran jika terjadi kebocoran saat penggantian/pemasangan gas baru. Begitu juga matikan sumber-sumber api lainnya di sekitar dapur, misal kompor minyak tanah yang menyala dll.

4. Perhatikan petugasnya saat melakukan pemasangan gas, karena jika saat ia menguji api di kompor tidak menyala, jangan biarkan ia mencolok-colok dengan benda-benda tajam, karena itu bisa menyebabkan kebocoran gas.

5. Jika api di kompor tidak menyala, periksalah tungku kompor gas dan bersihkan dari sisa-sisa masakan yangg mungkin menyebabkan penyumbatan. Karena itu rutinlah membersihkan kompor khususnya tungkunya.

6. Meskipun si petugas sudah memastikan gas sudah terpasang dengan baik, tapi tetaplah kita sebagai pemilik rumah memastikan tidak ada gas yang keluar dengan bunyi mendesis dan bau yang khas. Biasanya saya mematikan aquarium dan sumber-sumber suara lainnya biar bisa mendengar lebih jelas.

7.Jika tabung gas disimpan di tempat khusus atau di bawah meja masak, jangan menutup terlalu rapat, biarkan ada terbuka biar udara bisa masuk.Pastikan juga selangnya tidak terjepit atau patah karena tertindih.

8.Jika terjadi tanda-tanda kebocoran gas, seperti bau yang khas, sebaiknya langsung matikan sumber api, listrik, lepaskan regulator dan bawa ke tempat terbuka.

9. Begitu juga saat bepergian ke luar kota, sebaiknya cabut regulator dan buka pintu dan jendela lebar-lebar saat baru kembali ke rumah dan jangan menyalakan listrik dan api untuk mengantisipasi jika ada terjadi kebocoran gas dari tabung selama kita pergi.

10. Banyaklah berdoa agar terhindar dari segala marabahaya....aamiin

Btw..ini penampakan rendangnya yang masih setengah matang tapi udah enak rasanya..mau ? hehehe





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung