Loading

Senin, 16 Desember 2013

Maaf, Tolong dan Terimakasih

Alhamdulillah Fitry sudah berumur 2,3 tahun. Meskipun badannya kecil mungil tapi ia sehat dan cerdas. Di usianya sekarang Fitry sudah lancar bicara dan ceriwis.Benar-benar menggemaskan sekaligus menghibur mendengar ocehannya.

Sebagai seorang ibu tentu saya ingin anak saya yang baru bisa bicara dapat menerapkan hal-hal yang positif. Salah satunya mengajarkan kata-kata yang baik. Bahkan ada tiga kata yang sudah saya ajarkan sejak ia mengenal kata, yakni Maaf, Tolong dan Terimakasih.

Alhamdulillah, tiga kata itu sudah bisa dikuasai Fitry, baik cara pengucapan dan penempatannya. Bahagia dan senang sekali setiap melihat dan mendengar dia mengucapkan kata itu. Makin bahagia lagi jika orang lain ikut senang dan gemes mendengar ucapannya.

Untuk mengajarkan kata-kata ajaib itu, memang saya sendiri yang harus menerapkannya tiap hari dimana saja dan kapan saja. Ucapan Terimakasih biasanya sering saya ucapkan jika pergi belanja, saat menerima barang dan uang kembalian. Biasanya sebelum saya mengucapkan kata terimakasih Fitry sudah duluan mengucapkannya hehehe...

Begitu juga kalau ia diberi sesuatu oleh orang, Fitry juga sudah bisa menerapkan ucapan terimakasih. Bahkan di rumah pun ketika saya memberinya sesuatu atau mengambilkan sesuatu yang dimintanya Fitry suka mengucapkan terimakasih.
cara mendidik anak balita tentang kesopanan
Sedangkan kata Tolong, biasanya saya ajarkan ketika Fitry meminta sesuatu. Kalau ia lupa saya selalu mengingatkannya. Dan biasanya akan mengulang ucapannya dan menambah kata Tolong di depannya. 

Sementara kata Maaf, saya ajarkan ketika ia melakukan kesalahan atau bersikap tidak baik kepada siapa saja. Maklum anak kecil, kadang suka marah, ngambek bahkan menjerit ketika ada yang tidak berkenan di hatinya. Saat itulah saya mengajarkan kata maaf sebagai bentuk penyesalannya.

Kadang hati ini terharu saat mendengar ia mengucapkan maaf dengan gaya khasnya. Bahagia bercampur senang karena Fitry sudah tahu bagaimana cara bersikap yang baik, meskipun kadang ada juga lupa hehehe..maklum anak kecil.

Semoga saja sampai dewasa dan selamanya Fitry bisa menjadi anak yang baik, bertingkah laku baik, berbudi pekerti halus, berbudi bahasa yang santun dan disukai semua orang.Aamiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung